5 Tips Berbicara Di Depan Umum - Lancar Public Speaking

Semua orang pasti ingin memberikan sebuah presentasi yang baik, untuk pekerjaan, diskusi, presentasi hasil diskusi kelompok disekolah, dan sebagainya. Namun, berbicara didepan umum terasa sulit, terlebih lagi bagi orang yang memang sejak awal lebih suka diam dan hanya mendengarkan saja, jarang berbicara dengan teman, apalagi untuk melakukan sebuah presentasi didepan kelas, atau didepan umum. Bahkan,banyak orang yang menganggap bahwa berbicara didepan umum atau melakukan sebuah presentasi sangat mengerikan bagi mereka.

5 Tips Berbicara Di Depan Umum - Lancar Public Speaking
5 Tips Berbicara Di Depan Umum - Lancar Public Speaking
Sehingga presentasi yang disampaikanpun tidak sempurna, dan pesan-pesan atau materi yang ingin disampaikan sebelumnya menjadi terganggu. Oleh karena itu,penting bagi kita untuk membiasakan diri berbicara didepan umum, walaupun itu akan membuatmu terasa aneh. Tapi, disini saya punya beberapa tips yang apabila tips-tips berikut anda lakukan dan anda instal dipikiran anda, maka ini bisa membantu anda untuk lebih lincah dan semangat berbicara didepan umum. Yang diringkas didalam Tips Public Speaking dibawah ini

1. Bercerita

“Ingat!!! Bahwa anda bercerita,bukan hanya sekedar membaca” anda harus mengingat hal penting satu ini, bahwa anda bercerita didepan umum. Bukan hanya sekedar membaca teks atau naskah yang sudah anda siapkan. Jika misalkan besok anda akan melakukan presentasi, apa yang akan anda lakukan? Kebanyakan orang akan mulai dari menulis naskah dan fokus untuk merancang slide presentasi semenarik mungkin,biasanya lansung membuka Power Point dan mulai membuat presentasi mulai dari judul, kata pengantar hingga apa topik yang akan dibahas.Tapi,apa jadinya jika hari saat anda akan melakukan presentasi mati lampu? Lalu apakah kamu masih bisa melakukan presentasi yang sudah dipersiapkan sebelumnya sebaik mungkin dengan Power Point ? Maka percayalah, inti dari presentasi adalah cerita yang ingin anda sampaikan, maka kamu harus siap untuk dapat bercerita kepada orang banyak tanpa harus menggunakan Slide. Maka, untuk mempermudahmu agar bisa menceritakan isi presentasi dapat dilakukan dengan merangkum hal-hal penting dan kata kunci dari tema yang ingin anda sampaikan, barulah kamu bisa menemukan gambaran sendiri bagaimana caranya membuat cerita mu menjadi semakin menarik untuk didengar oleh orang lain.



2. Speaking For Giving

Yang kedua adalah, “Kamu berbicara untuk memberi” ingat, bahwa kamu berbicara didepan untuk memberi suatu hal, bukan untuk diberi. Namun kenyataan yang kita hadapi adalah, banyak orang berbicara didepan umum hanya berharap agar orang tertarik membeli suatu produk yang dibawanya,supaya dipuji, mendapatkan nilai tinggi, atau bahkan agar kamu bisa diluluskan dari sidang. Padahal kenyaaannya Jika kita seorang penonton maka kita akan lebih memperhatikan seorang pembicara yang inspiratif, dan memberikan motivasi, atau memberikan suatu nilai lebih bagi kita yang menonton, dan oleh karena itu, Kita harus memberikan apa yang diinginkan oleh penonton dan memahami apa yang dibutuhkan penonton dan kita cari apa kira-kira apa yang menjadi pengetahuan baru bagi mereka. Kesimpulannya adalah, Jadikan presentasimu untuk memberikan mamfaat dan nilai lebih bagi pendengarmu.

3. Kamu Adalah Seorang Raja Panggung

Jadikanlah diri anda seorang yang benar-benar menguasai panggung anda sendiri. Dan ingatlah, penguasa panggung bukan berarti perhatian yang diberikan penonton kepada kita pada saat kita berbicara, namun seorang dapat dikatakan sebagai penguasa panggung ialah orang yang apabila dalam diampun akan tetap diperhatikan oleh para penonton. Maka disini andalah yang berperan dalam jalannya acara, kapan anda harus memulai dan kapan harus diam untuk sejenak. Anda tidak harus lansung memulai presentasi anda, Mulailah dengan diam beberapa saat, hal ini akan membuat penonton akan fokus kepada anda dan apa yang akan anda lakukan, cobalah untuk menghirup nafas dalam-dalam dan mulai berbicara dengan perlahan yang terpenting adalah artikulasi. Pada saat bicarapun cobalah untuk berhenti sejenak, maka ini akan memberikan audience anda untuk kembali menjadi fokus yang selanjutnya dilanjutkan dengan presentasi anda, maka inilah yang dinamakan dengan The Power Of Pause

4. Tataplah Penonton dan Hilangkan Rasa Takut Anda

Anda harus kembali mengingat tips No 2. Dimana anda berbicara untuk memberi, bukan berbicara untuk menerima. Dan untuk itu, kamu harus berbicara dengan mereka (Para pendengarmu) bukan hanya sekedar berbicara dengan sebuah tembok yang tinggi atau tidak menghiraukan mereka. Maka, lihatlah atau lakukan kontak mata dengan para penonton anda, jika ini terlalu sulit maka perhatikanlah penontonmu satu persatu dengan perlahan. Saat berbicara berikan sedikit jeda, sehingga mereka merasa kamu benar-benar berbicara lansung kepada mereka. Maka dari sinilah kamu bisa menemukan orang-orang yang memang benar-benar memperhatikanmu dan ini akan menjadi motivasimu untuk semakin baik.

5. Bersemangat

Jika kamu adalah seorang yang demam panggung maka katakanlah pada dirimu sendiri atau kepada para penonton bahwa kamu sedang bersemangat. Maka ini akan membantumu untuk lebih percaya diri bahwa kamu bisa melakukan presentasi dengan baik

Sebenarnya berbicara didepan umum adalah hal yang susah-susah gampang, dimana jika kamu benar-benar tidak tau apa yang ingin disampaikan maka tentunya kamu sedang berada dalam masalah yang besar. Namun dengan adanya LATIHAN, dan DEDIKASI untuk menjadikan kita pembicara yang baik. Dan ingatlah, jangan takut gagal, karena suskes adalah berasal dari banyak kegagalan sebelumnya. Sehingga, berbicara didepan umum pun menjadi sebuah seni dan keahlian khusu dan tersendiri bagi kamu dan dapat menyukai untuk tetap tampil didepan khalayak umum.

kamu bisa SHARE artikel ini untuk membatu teman-teman mu yang lain. Dan bagikan pengalaman atau ketakutanmu saat berbicara didepan umum melalui kolom komentar dibawah. Jika ada waktu, kita bersama akan mendiskusikan hal yang terjadi pada anda dan mencari jalan keluar terbaik tentunya. Dan terimakasih sudah mengunjungi situs kami.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "5 Tips Berbicara Di Depan Umum - Lancar Public Speaking"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete